aplikasi
Kategori: Instansi

Aplikasi Polrestabes Medan, Urus SKCK dan SIM Cukup Lewat Android

Admin | 12 November 2016 | 13:12 WIB
aplikasi

TABLOIDIMAJI.COM, MEDAN TIMUR – Kemajuan teknologi yang terus berkembang akhir-akhir ini, membuat Polrestabes Medan mulai menerapkan sistem aplikasi pengaduan berbasis online yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah layanan seperti, berita dan agenda, pengaduan, informasi, layanan, call center, info polres hingga tombol respon cepat (panic button). Bahkan kini, aplikasi layanan online ini sudah bisa diunduh pada Play Store.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan penerapan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat ketika akan berurusan dengan kepolisian, seperti pengurusan SKCK dan SIM. Hal ini dilakukan demi mengefisienkan waktu.

“Ketika masyarakat sudah mendownload aplikasi ini, masyarakat bisa mengisi form pendaftaran untuk pengurusan SKCK atau SIM secara online. Jadi masyarakat datang ke Polrestabes hanya untuk mencetak SKCK atau ujian pengurusan SIM ke Satlantas,” kata Mardiaz, Sabtu (12/11/2016).

Selain itu, pada aplikasi ini masyarakat bisa juga menginformasikan adanya tindak kejahatan yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat maupun terkait peredaran narkoba, sehingga dapat segera direspon dengan cepat oleh aparat kepolisian terdekat. Layanan penting lainnya, yaitu tombol reaksi cepat yang dikhususkan bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan mendesak, karena menjadi korban begal, perkosaan dan kejahatan lainnya.

“Setiap pengaduan yang masuk melalui aplikasi ini akan kami respon dengan cepat. Kami juga menjamin kerahasiaan identitas dari pelapor,” jelasnya.

Mardiaz menegaskan agar masyarakat tidak menyalahgunakan, karena hal tersebut akan membuat petugas tidak dapat bekerja maksimal. “Kami harap aplikasi ini tidak digunakan untuk main-main. Sebab setiap pengaduan yang masuk, nomor pemilik ponsel akan langsung terlacak termasuk orangnya, dan bisa dipidanakan,” sebutnya. (QIM)