cokelat

6 Jenis Kombinasi Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Secara Bersamaan

Admin | 12 September 2017 | 13:57 WIB
cokelat

TABLOIDIMAJI.COM, MEDAN – Banyak diantara kita yang mengabaikan konsumsi makanan. Maka tak jarang setelah memakan berbagai macam makanan dalam satu waktu, perut bagian vital organ pencernaan akan sakit.

Kombinasi makanan yang salah dapat berujung fatal. Tak hanya sakit pada perut namun dalam beberapa kasus juga menyebabkan kematian. Meski terkesan sepele, komvbinasi makanan di bawah ini harus dihindarkan agar penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat terserap dengan baik.

Berikut 8 jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi secara bersamaan, seperti dilansir dari Boldsky, (Selasa (12/9/2017):

1. Cokelat dan Susu

Cokelat kaya akan asam oksalat dan menghambat penyerapan kalsium. Bila dikombinasikan dengan susu, asam berkontribusi pada pembentukan kristal oksalat yang tidak baik untuk ginjal dalam jumlah berlebihan.

2. Salad dan lemon atau Cuka

Salad Plus Lemon or Vinegar Dressing: Banyak vitamin dan nutrisi berharga lainnya seperti karotenoid yang ditemukan pada sayuran membutuhkan lemak untuk penyerapan yang tepat. Makanya,  perlu mempertimbangkan untuk menambahkan produk tinggi lemak ke salad seperti alpukat, buah zaitun atau beberapa kacang. Namun, bila disatukan dengan lemon atau cuka akan membuat kehilangan unsur sehat yang terdapat dalamnya.

3. Pasta Keju Plus Tomat

Pasta mengandung karbohidrat tepung yang bisa dicerna dengan fermentasi khusus yang disebut ptyalin yang ditemukan di air liur kita. Tomat mengandung asam malat, oksalat dan sitrat dalam jumlah kecil yang memecah fermentasi tersebut. Perpaduan ini menghambat pencernaan pati.

4. Telur dan Bacon

telur

Kombinasi ini sangat kaya protein dan karenanya tidak baik untuk kesehatan. Tubuh harus meluangkan banyak waktu untuk mencerna keduanya. Ini adalah salah satu kombinasi makanan berbahaya yang harus dihindari.

5. Sereal dan Jus Jeruk

Sereal yang dimakan bersama jus jeruk pagi hari tidak akan memberi dorongan energi. Itu hanya menyebabkan ketidaknyamanan dan berat di perut. Asam dalam jus jeruk juga menurunkan aktivitas enzim yang bertanggung jawab dalam memecah karbohidrat.

6. Pizza dan Soda

Kombinasi karbohidrat, protein dan pati membutuhkan banyak energi untuk pencernaan. Gula dalam soda juga memperlambat proses pencernaan di perut. Hal inilah yang menyebabkan berat dan kembung. (NUR)