IMG_20170913_05
Kategori: Inspiring

Berkat Tekad dan Usaha, Siba Kini Jadi Pemilik Pulau

Admin | 13 September 2017 | 16:33 WIB
IMG_20170913_05

TABLOIDIMAJI.COM, MEDAN KOTA – Syarifuddin Siba kecil bertekad mengubah nasibnya. Dia tidak mau terus menjadi anak nelayan yang kesulitan ekonomi. Berkat tekad dan usahanya, pria kelahiran Hamparan Perak, 4 Agustus 1952 ini telah menjadi orang sukses bahkan pemilik salah satu pulau wisata di Sumatera Utara, Pulau Siba.

Berbincang dengan IMAJI di kantor pemasaran Pulau Siba Jalan Dolok Martimbang No 2 Medan Kota, Rabu (13/9/2017), pria yang baru pensiun dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) ini dengan blak – blakan menceritanya jalan hidupnya.

“Saya pernah putus sekolah hingga empat tahun. Saat kelas 1 SMP, saya cuma empat bulan sekolah, kemudian diusir karena tak ada biaya orangtua tak punya duit. Kemudian saya ikut ayah menjadi nelayan,” ucap Siba.

Namun ucapan sang ayah, Buyung Abas menjadi cambukan bagi Siba untuk terus maju. Ayahnya ingin nasib anaknya berubah dan sukses. Siba pun memutuskan kembali bersekolah dan memilih sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA).

“Kemudian jelang kuliah aku berjanji, jangan ada ana kampung, anak melayu yang se-susah aku untuk bersekolah,” tuturnya.

Janji tersebut pun diwujudkan Siba melalui Yayasan Beasiswa IPMD yang didirikannya tahun 1997. Disela kesibukannya menjadi dosen, mantan anggota DPRD Kota Medan inipun mengembangkan daerah kelahirannya Hamparan Perak dengan membuat Agro Wisata. Dan tahun 2005, memulai pengembangan Pulau Siba sebagai tempat wisata bahari di Sumut.

Siba mempunyai harapan dengan berkembangnya wisata bahari yang dikelolanya tersebut, ia dapat mengubah pola pikir para nelayan sekitar untuk mengembangkan wisata bahari yang ada menjadi sesuatu yang bisa dinikmati oleh masyarakat lokal, nasional, hingga internasional.

“Saya dulu juga anak nelayan, bahkan sampai sekarang saya masih menjadi nelayan. Sekolah saja saya tidak tamat, akan tetapi saya punya impian yang seharusnya dapat dicontoh nelayan lainnya,” harapnya. (MEL)