Pengrajin tenun Pandai Sikek lengkap dengan peralatan tenun tradisionalnya turut ambil bagian dalam pameran Minangkabau Fes 2017 di Raz Plaza Hotel, Jalan Dr Mansyur Medan.

TABLOIDIMAJI.COM, MEDAN BARU – Dalam menyelenggarakan Minangkabau Fest 2017, Pasatuan Induak Bareh Kota Medan menggelar beberapa kegiatan dan perlombaan. Diantaranya lomba fotografi, pantun, melukis, pameran seni budaya, handy craft dan festival kuliner.

Berlangsung hingga 14 Semptember 2017, acara ini pun mendapat sambutan dan antusias saaat pembukaan pertamanya pada Selasa (12/9/2017) di Raz Plaza Hotel jalan  Dr Mansyur Medan.

Terlebih lomba pantun yang menghadirkan ragam pantun jenaka karya para peserta, berhasil menghibur dan mengundang tawa para penonton melalui aksi kocak para kontestan. Lomba pantun ditujukan bagi peserta umum dengan rentang usia dari 16-30 tahun.

Sementara itu, pada festival kuliner dijajakan makanan khas ranah Minang seperti katupek gulai paku, rendang padang, nasi kapau dan sebagainya. Bazaar diikuti oleh berbagai UKM khas Minang dan para pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut.

Tak ketinggalan para pengrajin tenun Pandai Sikek lengkap dengan peralatan tenun tradisionalnya turut ambil bagian dalam pameran tersebut.

Pada pembukaan kemarin, Ketua Induak Bareh Sumut, Rahmawaty Raz mengatakan acara ini sebagai upaya untuk ‘Mambangkikkan Batang Tarandam, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’. Perwujudannya yakni dalam bentuk mengangkat kembali budaya khas Minangkabau berupa kesenian tradisional, pengenalan obyek wisata, ragam kuliner dan pembahasan masa depan Minangkabau.

Dengan diadakannya Medan Minangkabau Fest ini diharapkan agar seluruh masyarakat Minangkabau yang ada di Medan dan sekitarnya mampu mengobati kerinduan terhadap kampung halaman.

“Selain bertujuan silaturahmi yang dapat mempererat persaudaraan di tanah perantauan, juga untuk mengenalkan adat budaya Minangkabau yang sangat kaya ragamnya kepada masyarakat Medan dan sekitarnya,” ujar Rahmawaty. (GIL)